Hubungan Kecerdasan Emosional dan Daya Tarik Interpesona dengan Kepuasan Pelayanan Obat di Apotek Goge Farma

Febriana Adrimia Litany Kusuma, Agus Susanto, Heru Nurcahyo

Abstract


Seorang tenaga teknis kefarmasian dituntut untuk memiliki kecerdasan emosional yang baik. Karena ini sangat mempengaruhi pelayanan yang akan diberikan kepada pasien. Disamping itu berkaitan juga dengan daya tarik interpersonal yang dapat mewujudkan sebuah perilaku dan kompetensi dalam melakukan pelayanan kesehatan. Salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan adalah perihal kepuasan dari sebuah pelayanan. Kepuasaan pelayanan dapat
dilihat dari beberapa tanggapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional, dan daya tarik interpesona dengan kepuasan pelayanan obat di apotek Goge Farma Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah cross-sectional
yang dilakukan di apotek Goge Farma Tegal , penelitian ini dilakukan di bulan September tahun 2022 dengan populasi perbulan sebanyak 900 orang dan mengambil sampel sebanyak 100 orang.
Penelitian ini juga menggunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen. Dalam penelitian ini menggunakan analisis chi-square dengan batas (p ≤ 0,05). Dalam
penelitian ini didapatkan hasil kecerdasan emosional tinggi sebanyak 55 orang (55%) yang sangat tinggi 45 orang (45%), sedangkan daya tarik interpersonal tinggi sebanyak 37 orang (37%) yang sangat tinggi 63 orang (63%), sementara hasil kepuasan pasien cukup puas sebanyak 33 orang
(33%) yang puas 67 orang (67%). Dari hasil yang diperoleh, chi-square menunjukkan nilai p= 0,000 jadi hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional,dan daya tarik interpersonal terhadap kepuasan pelayanan obat di apotek
Goge Farma Tegal.
Kata Kunci : : Kecerdasan Emosional , Daya Tarik Interpesona , Kepuasan Pelayanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.