Hubungan Kecerdasan Emosional dan Daya Tarik Interpersona dengan Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Siti Hajar
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan keterampilan memonitor emosi pada diri sendiri dan orang lain. Daya tarik interpersona adalah proses psikologis yang berfokus pada cara mengelola hubungan yang dipengaruhi adanya perasaan suka yang berasal dari penampilan, perilaku dan kompetensi sehingga dapat terjadi hubungan dua belah pihak. Kedua hal tersebut terdapat hubungan dibuktikan dengan melihat penelitian terdahulu yang membuktikan bahwa salah satu faktor kualitas pelayanan yang baik adalah ketika seseorang mendapatkan pelayanan dari pegawai yang memiliki kecerdasan emosional dan daya tarik interpersona yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan daya tarik interpersona dengan kualitas pelayanan di apotek Siti Hajar. Penelitian dilakukan dengan metode cross sectional secara accidental menggunakan instrument berupa kuisioner yang dilakukan pada bulan September tahun 2022 dengan populasi sebanyak 1000 pasien dan sample diambil sebanyak 104 responden. Hasil
yang didapatkan dengan kategori kecerdasan tinggi sebanyak 16 orang (15,4%) dan sangat tinggi sebanyak 88 orang (84,6%) sedangkan kategori daya tarik tinggi sebanyak 10 orang (9,6%) dan sangat tinggi sebanyak 94 orang (90,4%), sedangkan kualitas pelayanan cukup baik sebanyak 4
orang (3,8%) dan baik sebanyak 100 orang (96,2%). Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan α = <0,05 dan hasil yang didapatkan hubungan kecerdasan emosional dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,587) dan hubungan daya tarik interpersona dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,287). Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan daya tarik interpersona dengan kualitas pelayanan obat di apotek Siti Hajar tidak terdapat
hubungan yang signifikan.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Daya Tarik Interpersona, Kualitas Pelayanan.
yang didapatkan dengan kategori kecerdasan tinggi sebanyak 16 orang (15,4%) dan sangat tinggi sebanyak 88 orang (84,6%) sedangkan kategori daya tarik tinggi sebanyak 10 orang (9,6%) dan sangat tinggi sebanyak 94 orang (90,4%), sedangkan kualitas pelayanan cukup baik sebanyak 4
orang (3,8%) dan baik sebanyak 100 orang (96,2%). Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan α = <0,05 dan hasil yang didapatkan hubungan kecerdasan emosional dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,587) dan hubungan daya tarik interpersona dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,287). Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan daya tarik interpersona dengan kualitas pelayanan obat di apotek Siti Hajar tidak terdapat
hubungan yang signifikan.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Daya Tarik Interpersona, Kualitas Pelayanan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.