Pengetahuan Tentang Bahaya Merokok Pada Remaja Laki-laki

Marwanti Marwanti, Suyami Suyami, Chori Elsera, Esri Rusminingsih, Dhea Agustina

Abstract


Perilaku merokok pada remaja disebabkan oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi orang tua, teman dan kepribadian, sedangkan factor eksternal keluarga meliputi orang tua, teman dan kepribadian. Remaja masa yang paling rentan tertpengaruh dalam lingkungan, sosial budaya yang negatif sehingga remaja terjebak dalam lingkungan yang tidak sehat contohnya merokok.  Dampak negatif merokok yaitu penyakit jantung, penyakit system pernafasan. Peran perawat sebagai konseling maupun edukasi dengan memberikan pengetahuan tentang bahaya merokok suapay bisa mencegah kebiasaan merokok sejaak usia dini dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.
Penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah remaja laki-laki kelas VIII SMP N 3 Pedan berjumlah 107 remaja. Tehnik pengambilan Purposive Sampling. Hasil penelitian yaitu pengetahuan paling banyak yaitu dengan kategori baik sebanyak dengan kategori baik sebanyak 45 siswa dan paling sedikit yaitu kategori kurang sebanya 1 siswa.
Kesimpulan penelitian adalah Remaja laki-laki di SMP N 3 Pedan memiliki pengetahuan tentang bahaya merokok dengan kategori baik.
Kata Kunci : Pengetahuan, rokok, remaja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.