Buku 3D Sebagai Identifikasi Sastra Terhadap Anak Tuna Rungu

Delia Novela Twins, Violita Hartiningsih, Yunita Nugraheni, Budi Tri Santosa

Abstract


Pada era modern ini sastra terasa semakin asing, apalagi terhadap anak-anak yang memiliki kekurangan pada indera pendengarannya. Dengan adanya keterbatasan yang dimiliki membuat mereka tidak dapat memahami apa itu yang disebut dengan sastra. Artikel ini mengulas tentang bagaimana memberikan pemahaman sastra sebagai ilmu pengetahuan yang menyenangkan terhadap anak tuna rungu melalui media buku tiga dimensi. Permasalahan yang dibahas dalam artikel ini adalah tentang sedikitnya bahkan hampir tidak ada pengetahuan tentang sastra yang dimiliki oleh anak tuna rungu. Dengan harapan melalui sastra yang dibukukan menjadi buku tiga dimensi dapat membantu anak tuna rungu mengetahui tentang adanya sastra. Buku tiga dimensi ini didesain khusus bagi anak tuna rungu untuk membantu mereka belajar
mengetahui tentang sastra. Hasil akhir dari penelitian yang kami lakukan adalah terciptanya produk inovasi baru berbasis sastra dengan pembaharuan buku tiga dimensi. Jenis sastra yang ingin kami kenalkan terhadap anak tuna rungu berupa cerita rakyat yang dikombinasikan dengan bahasa isyarat, yang pada umumnya
hanya terdapat teks pendek sebagai penjelas cerita.
Kata-kata kunci: buku tiga dimensi, sastra, tuna rungu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.