Analisis Kreativitas Mahasiswa Calon Guru MI Pada Mata Kuliah IPA Melalui Model Project Based Learning Berbasis TPACK
Abstract
Proses pembelajaran di perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, tuntutan
pendidikan di abad 21 saat ini mengharuskan mahasiswa mampu mengembangkan kompetensi diri yaitu enam
keterampilan dasar abad 21 yang dikenal dengan 6C, salah satunya mampu mengembangkan kreativitas dalam
proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis kreativitas mahasiswa calon guru
melalui model PJBL berbasis TPACK. Metode penlitian ini merupakan deskripsi kuantitatif dengan sampel
penelitian 32 mahasiswa PGMI semester 1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan
wawancara. Data dianalisis secara statistic deskriptif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yaitu hasil observasi secara kelompok didapatkan 16% kelompok tergolong sangat
baik tingkat kreativitas dan 84% kelompok masuk dalam kategori baik kreativitasnya. Hasil angket terdapat 13
(40,6%) mahasiswa yang memiliki kreativitas sangat baik dengan rata – rata nilai sebesar 87,5% - 100%, lebih
lanjut . Data lain terlihat terdapat 19 mahasiswa (59,3%) yang termasuk dalam kategori baik kreativitasnya
dengan nilai rata – rata 76,7% - 85,7%. Data ini didukung oleh hasil wawancara yang menyatakan penerapan
model PJBL berbasis TPACK pada mata kuliah IPA menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan yang baik
dalam menganalisis dan menyelesaikan permasalahan terkait proyek, selain itu produk akhir yang dihasilkan
relevan dengan proyek yang diberikan di awal pembelajaran mampu dengan menggunakan sumber yang
relevan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis penerapan model project based
learning berbasis TPACK memberi dampak positif dan baik terhadap tingkat kreativitas mahasiswa calon guru
Madrasah Ibtidaiyah dalam mata kuliah IPA terutama dalam menyelesaikan proyek baik secara individu
maupun kelompok.
Kata Kunci : Analisis, Kreativitas, Mahasiswa calon Guru, Model Project Based Learning, TPACK, IPA.
pendidikan di abad 21 saat ini mengharuskan mahasiswa mampu mengembangkan kompetensi diri yaitu enam
keterampilan dasar abad 21 yang dikenal dengan 6C, salah satunya mampu mengembangkan kreativitas dalam
proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis kreativitas mahasiswa calon guru
melalui model PJBL berbasis TPACK. Metode penlitian ini merupakan deskripsi kuantitatif dengan sampel
penelitian 32 mahasiswa PGMI semester 1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan
wawancara. Data dianalisis secara statistic deskriptif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yaitu hasil observasi secara kelompok didapatkan 16% kelompok tergolong sangat
baik tingkat kreativitas dan 84% kelompok masuk dalam kategori baik kreativitasnya. Hasil angket terdapat 13
(40,6%) mahasiswa yang memiliki kreativitas sangat baik dengan rata – rata nilai sebesar 87,5% - 100%, lebih
lanjut . Data lain terlihat terdapat 19 mahasiswa (59,3%) yang termasuk dalam kategori baik kreativitasnya
dengan nilai rata – rata 76,7% - 85,7%. Data ini didukung oleh hasil wawancara yang menyatakan penerapan
model PJBL berbasis TPACK pada mata kuliah IPA menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan yang baik
dalam menganalisis dan menyelesaikan permasalahan terkait proyek, selain itu produk akhir yang dihasilkan
relevan dengan proyek yang diberikan di awal pembelajaran mampu dengan menggunakan sumber yang
relevan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis penerapan model project based
learning berbasis TPACK memberi dampak positif dan baik terhadap tingkat kreativitas mahasiswa calon guru
Madrasah Ibtidaiyah dalam mata kuliah IPA terutama dalam menyelesaikan proyek baik secara individu
maupun kelompok.
Kata Kunci : Analisis, Kreativitas, Mahasiswa calon Guru, Model Project Based Learning, TPACK, IPA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.