Evaluasi Literasi Sains Pada Pembelajaran Otomotif Menggunakan Simulator Minimobil Berbantuan Sistem Kendali Jelajah

Wahid Munawar, - Sriyono, Budi Susetyo, Ismadi Rajab

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan teknik otomotif.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan Januari-Mei 2023.
Penelitian dilaksanakan di satu sekolah menengah kejuruan negeri di kota Bandung. Sampel penelitian
menggunakan cluster random sampling dipilih 1 (satu) kelas sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian adalah
tes literasi sains bentuk pilihan ganda pada aspek pengetahuan dasar otomotif. Indikator literasi sains terdiri
dari: (1) Mengidentifikasi masalah ilmiah; (2) Menjelaskan fenomena ilmiah; dan (3) Menggunakan bukti
ilmiah. Soal tes meliputi materi dasar otomotif. Soal tes telah divalidasi oleh 7 guru dan dosen ahli otomotif.
Perlakuan pembelajaran otomotif secara tatap muka, dengan menggunakan media simulator. Analisis data
dilakukan dengan menghitung persentase kemampuan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Kemampuan literasi sains peserta didik sekolah menengah kejuruan (SMK) pada aspek mengidentifikasi
masalah dan menjelaskan fenomena ilmiah pada konteks literasi dasar otomotif termasuk kategori sedang,
sedangkan pada aspek menggunakan bukti ilmiah termasuk kategori rendah; (2) Kemampuan literasi sains pada
aspek mengidentifikasi masalah pengetahuan dasar otomotif adalah 42% dengan kategori ketercapaian
“sedang”. Kemampuan literasi sains menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 44% termasuk kategori ketercapaian
“sedang” dan Kemampuan literasi sains menggunakan bukti ilmiah sebesar 14% termasuk kategori ketercapaian
“rendah”.
Kata Kunci : literasi sains, simulator minimobil, system kendali jelajah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.