Pengaruh Pelayanan Informasi Obat Leaflet Terhadap Tingkat Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus Kelas Prolanis Puskesmas Wonokerto 1

Jumrotul Aini, Wulan Agustin ningrum, Ainun Muthoharoh, Yulian Wahyu Permadi

Abstract


Salah satu permasalahan dalam penatalaksanaan diabetes tipe 2 ialah kepatuhan pasien yang rendah terhadap pengobatan serta kurangnya pemahaman tentang obat hipoglikemik oral. Intervensi layanan informasi obat (PIO) memiliki dampak yang signifikan terhadap pemahaman instruksi pengobatan serta peningkatan kepatuhan pasien. Dengan adanya PIO dengan leaflet kepatuhan pasien terhadap pengobatan, sehingga keberhasilan terapi dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh PIO Leaflet dengan metode ceramah dan diskusi terhadap kepatuhan pada pasien diabetes mellitus kelas prolanis Puskesmas Wonokerto 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan data prospektif serta dianalisis dengan menerapkan metode analisis deskriptif. Desain yang diterapkan pada penelitian ini ialah one group pretest-posttest design. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji chi-square, uji paired sample t-test, uji twilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan uji statistik hi square pada karakteristik demografi responden tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan. Hasil uji statistik t--wilxocon terhadap tingkat kepatuhan, memperlihatkan p-value 0,000 berkorelasi terhadap tingkat kepatuhan. Hasil uji statistik paired sample Ttest juga memperlihatkan nilai p-value sebesar 0,001 berpengaruh terhadap penurunan kadar gula darah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa PIO leaflet berpengaruh dalam meningkatkan kepatuhan serta menurunkan kadar gula darah pasien DM kelas prolanis Puskesmas Wonokerto 1 sebesar ± 200 mg/dl.
Kata Kunci : DM, Kepatuhan, Pelayanan Informasi Obat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.