Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang 3D Menggunakan Metode Markerless Tracking

Muhammad Reza Saputra, Yusni Nyura, M. Farman Andrijasa

Abstract


Penggunaaan gambar dua dimensi (2D) sebagai penunjang pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan
dan lebih berimajinatif sekarang ini kurang membantu mengatasi masalah di atas. Penggunaan gambar
diam yang telah tersedia dalam buku teks membuat siswa cenderung pasif dan kurang interaktif karena
media gambar tidak mampu memberikan respon timbal balik, kurang terlihat nyata dan kurang menarik
bagi siswa. Untuk memenuhi tuntutan tersebut sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan, penggunaan media pembelajaran menjadi semakin
beragam dan interaktif, salah satunya yang sedang marak saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi
Augmented Reality (AR). Peneliti merancang dan membangun aplikasi augmented reality pada media
pembelajaran matematika menggunakan metode Markerless Tracking dan metode pengembangan yang
dipake yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi dibangun dengan menggunakan
Unity, 3D Blender sebagai modelling, EasyAR untuk membentuk Augmented Reality. Hasil penelitian
diuji coba ke siswa Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda dengan mendemokan dan siswa
mengoperasikan langsung. Aplikasi yang dibuat agar siswa menjadi lebih tertarik mempelajari
matematika khususnya pada materi bangun ruang. Hasil yang diharapkan dari pembuatan aplikasi ini
yaitu dapat menampilkan objek tiga dimensi (3D) bangun ruang dengan tampilan yang interaktif.
Penjelasan dan rumus pada tiap objek, dan menampilkan kuis tentang bangun ruang.
Kata Kunci : Augmented Reality, Pembelajaran, Bangun Ruang Matematika, Markerless Tracking,
Unity.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.