Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Tema Persatuan dalam Perbedaan

Widya Pratiwi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan dan
mengetahui keefektifan bahan ajar bermuatan HOTS pada pembelajaran tema persatuan
dalam  perbedaan  Kelas  VI  Sekolah  Dasar.  Pengembangan  bahan  ajar  bermuatan  HOTS
dibutuhkan dikarenakan perkembangan zaman dan berbagai  perubahan yang terjadi  di
masyarakat. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Penelitian
ini melalui empat langkah yaitu define, desain, develop, dan deseminasi. Hasil menunjukkan
bahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori layak, dari aspek kelayakan isi,
 kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan secara keseluruhan memperoleh nilai  3,345 dari
nilai maksimal 4. Hasil untuk aktivitas secara umum juga menunjukkan nilai 80,52 sementara
untuk aktivitas yang terkait dengan HOTS menunjukkan nilai 84,42 kedua nilai tersebut
termasuk  pada  kategori  baik.  Hasil  keefefktifan  penggunaan  bahan  ajar  dalam
pembelajaran menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik
sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar bermuatan HOTS. Hasil ini dibuktikan dari
nilai asymp sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000.

Kata Kunci: Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan


Keywords


Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.