Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Tema Persatuan dalam Perbedaan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan dan
mengetahui keefektifan bahan ajar bermuatan HOTS pada pembelajaran tema persatuan
dalam perbedaan Kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar bermuatan HOTS
dibutuhkan dikarenakan perkembangan zaman dan berbagai perubahan yang terjadi di
masyarakat. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Penelitian
ini melalui empat langkah yaitu define, desain, develop, dan deseminasi. Hasil menunjukkan
bahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori layak, dari aspek kelayakan isi,
kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan secara keseluruhan memperoleh nilai 3,345 dari
nilai maksimal 4. Hasil untuk aktivitas secara umum juga menunjukkan nilai 80,52 sementara
untuk aktivitas yang terkait dengan HOTS menunjukkan nilai 84,42 kedua nilai tersebut
termasuk pada kategori baik. Hasil keefefktifan penggunaan bahan ajar dalam
pembelajaran menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik
sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar bermuatan HOTS. Hasil ini dibuktikan dari
nilai asymp sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000.
Kata Kunci: Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan
mengetahui keefektifan bahan ajar bermuatan HOTS pada pembelajaran tema persatuan
dalam perbedaan Kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar bermuatan HOTS
dibutuhkan dikarenakan perkembangan zaman dan berbagai perubahan yang terjadi di
masyarakat. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D. Penelitian
ini melalui empat langkah yaitu define, desain, develop, dan deseminasi. Hasil menunjukkan
bahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori layak, dari aspek kelayakan isi,
kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan secara keseluruhan memperoleh nilai 3,345 dari
nilai maksimal 4. Hasil untuk aktivitas secara umum juga menunjukkan nilai 80,52 sementara
untuk aktivitas yang terkait dengan HOTS menunjukkan nilai 84,42 kedua nilai tersebut
termasuk pada kategori baik. Hasil keefefktifan penggunaan bahan ajar dalam
pembelajaran menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik
sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar bermuatan HOTS. Hasil ini dibuktikan dari
nilai asymp sig. (2-tailed) yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000.
Kata Kunci: Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan
Keywords
Bahan Ajar, HOTS, Persatuan dalam Perbedaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.