Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Inovasi Kemaritiman Melalui Model Project Based Learning Bagi Guru-Guru di SMP 1 Bintan

Fabio Testy Ariance Loren, Legi Elfitra, Sri Novalina Amrizal

Abstract


Modul ajar memiliki peran penting dalam membantu guru merancang pembelajaran. Pada
penyusunan modul ajar yang berperan penting adalah guru, guru diasah kemampuan berpikir
untuk dapat berinovasi dalam pengembangan  modul ajar. Oleh karena itu, menyusun modul ajar
merupakan kompetensi pedagogik yang perlu dikembangkan oleh guru, hal ini agar teknik
mengajar guru di dalam kelas lebih efektif, efisien, dan tidak keluar pembahasan dari capaian
pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pelatihan penyusunan modul ajar kurikulum
merdeka berbasis inovasi kemaritiman melalui model project based learning bagi guru-guru di
SMP 1 Bintan. Untuk mencapai tujuan tersebut kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan
dalam beberapa tahapan, yaitu: 1) sosialisasi kegiatan, 2) penjelasan konsep modul modul ajar
berbasis inovasi kemaritiman, 3) Pendampingan penyusunan modul ajar, 5) praktik penyusunan
modul ajar, 6) diskusi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dengan cara
memberikan refleksi atau pendapat peserta pelatihan terhadap sistematika penyusunan modul.
Target dari kegiatan ini adalah guru dapat merancang serta menyusun pengembangan modul
pembelajaran berdasarkan kebutuhan belajar siswa. Secara umum, semua rangkaian kegiatan
pendampingan dapat terlaksana dengan optimal, diikuti dengan penuh antusias dari para guru.
Hasil dari kegiatan ini adalah menghasilkan modul ajar yang berbasis kemaritiman.
Kata Kunci : Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Inovasi Kemaritiman, Project-Based Learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.