Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pemasaran Pada Kegiatan UMKM Berbasis Klaster

Dian Widiarti, Yudha Praja

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian dalam masyarakat
dimana perkembangannya saat ini dibarengi dengan adanya kemajuan pemanfaatan teknologi. Munculnya
beragam e – commerce menjadi tantangan baru bagi dunia usaha seperti UMKM. Ketidakmampuan dalam
persaingan dagang secara elektronik akan berakibat pada penurunan omset penjualan. Pembuatan aplikasi
system informasi pemasaran pada kegiatan UMKM ini diharapkan dapat menjembatani kebutuhan sarana
promosi produk pada kegiatan UMKM sehingga berdampak pada peningkatan hasil penjualan. Kegiatan
ini bertujuan untuk dapat memberikan pelatihan kepada pemilik UMKM agar dapat memanfaatkan aplikasi
system pemasaran sebagai sarana branding produk yang mereka miliki sehingga diharapkan dapat
mengurangi kesenjangan akibat trend teknologi e – commerce yang sedang berkembang pesat. Pelatihan
ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan simulasi langkah – langkah penggunaan aplikasi system
pemasaran yaitu lapakdawuhan.com.  Hasil dari kegiatan ini adalah kemampuan pemanfaatan aplikasi
pemasaran produk lapakdawuhan.com oleh pemilik UMKM dan pengimplementasiannya dalam kegiatan
penjualan produknya.
Kata Kunci : system informasi, UMKM, digitalisasi, aplikasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.