Pelatihan Pembuatan Produk Pembelajaran Berbasis Vlogging untuk Guru Sekolah Muhammadiyah di Komunitas Sekolah Tetangga

Difaul Husna, Unik Hanifah Salsabila, Deslaely Putranti

Abstract


Minimnya pengetahuan para guru sekolah Muhammadiyah yang tergabung dalam komunitas Sekolah
Tetangga terhadap aksesibilitas platform digital untuk menyimpan dan mempublikasikan produk
pembelajaran, keterbatasan keterampilan mengoperasikan media-media digital menyimpan dan
mempublikasikan produk pembelajaran, serta minimnya pengetahuan mengenai manfaat ekonomis dari
publikasi produk ajar berbasis digital menjadi alasan dilakukannya kegiatan pengabdian pada masyarakat
ini. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menambah wawasan para guru mitra dalam hal
aksesibilitas digital, meningkatkan keterampilan pengoperasian media digital, dan memingkatkan
pengetahuan para guru mitra mengeai manfaat ekonomis dari publikasi produk berbasis vlogging. Metode
kegiatan pengabdian pelatihan pembuatan produk pembelajaran berbasis vlogging untuk guru sekolah
Muhammadiyah di komunitas Sekolah Tetangga ini berupa workshop yang dievalusi dengan model
Kirkpatrrick. Pelatihan dilakukan selama empat hari melibatkan delapan orang gutu mitra dan tiga orang
dosen narasumber sesuai bidang kepakaran masing-masing. Pelatihan yang diberikan diantaranya adalah
wawasan mengenai cara mengakses beragam media dan kanal digital berbentuk audio visual seperti
Youtube, Instagram, dan TikTok, pelatihan keterampilan mengedit video menggunakan beberapa alat
seperti Kinemaster dan Filmora, serta wawasan mengenai Digital Ethics dan manfaat ekonomis dari hasil
publikasi produk pembelajaran berbasis long dan short vlogging di berbagai kanal digital. Berdasarkan hasil
evaluasi, kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan wawasan, pengetahuan, serta kemampuan para
guru mitra dalam membuat dan memproduksi produk ajar berbasis long dan short vlogging di berbagai
kanal digital dengan menggunakan alat-alat teknologi digital.
Kata Kunci: publikasi, produk pembelajaran, vlogging.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.