Urgensi Pemanfaatan Alat Peraga Bagi Guru TK Berbasis Kearifan Lokal

Abdul Aziz, Iswahyudi Joko Suprayitno

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan peran guru TK dalam penggunaan alat
peraga sebagai upaya penguatan aspek kognitif yang dimiliki oleh siswa. Permasalahn yang muncul
didasari ketersediaan alat peraga yang dirasa masih kurang. Maka dari itu perlu ada unsur penguatan dari
aspek media pembelajaran, terlebih siswa yang duduk di TK perlu adanya pembelajaran kontekstual.
Mereka lebih mudah memahami materi yang sifatnya diketahui dari pengalaman belajar. Media
pembelajaran berbasis kognitif dapat mengoptimlakna peran pengalaman belajar siswa menjadi lebih
bermakna. Guru TK mengelaborasi beberapa benda – benda yang memiliki nilai ekonomis rendah untuk
kemudian dijadikan alat peraga yang bermanfaat dalam pembelajaran matematika khususnya.  
Kata Kunci : alat peraga matematika, kognitif, media pembelajaran, guru TK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.