Hubungan Peran dan Pengalaman Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Pra Sekolah
Abstract
Pemahaman bahwa masa kanak-kanak merupakan masa penting dalam perkembangan anak, di mana peran ibu memiliki pengaruh signifikan. Toilet training merupakan salah satu tahapan penting dalam perkembangan anak yang memerlukan peran orang tua, khususnya ibu, dalam memberikan dukungan dan
bimbingan. Untuk mengetahui hubungan antara peran dan pengalaman ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak di Pos PAUD Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak di Pos PAUD Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya dan sampel dalam penelitian ini
sebanyak 38 orang responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square dengan hasil Ada hubungan peran ibu dengankeberhasilan toilet training pada anak di Pos Paud Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya dengan nilai pvalue 0.000<dari nilai Alpha (0.05) dan ada hubungan pengalaman ibu dengan keberhasilan toilet
training pada anak di Pos Paud Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya dengan p-value 0.000< dari nilai Alpha (0.05). Penelitian ini menunjukkan pentingnya peran dan pengalaman ibu dalam memengaruhi keberhasilan toilet training anak. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan
program parenting yang lebih efektif dalam mendukung proses toilet training anak di lingkungan Pos PAUD Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya.
Kata Kunci : Pengalaman ibu, Peran ibu, Toilet training.
bimbingan. Untuk mengetahui hubungan antara peran dan pengalaman ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak di Pos PAUD Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak di Pos PAUD Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya dan sampel dalam penelitian ini
sebanyak 38 orang responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square dengan hasil Ada hubungan peran ibu dengankeberhasilan toilet training pada anak di Pos Paud Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya dengan nilai pvalue 0.000<dari nilai Alpha (0.05) dan ada hubungan pengalaman ibu dengan keberhasilan toilet
training pada anak di Pos Paud Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya dengan p-value 0.000< dari nilai Alpha (0.05). Penelitian ini menunjukkan pentingnya peran dan pengalaman ibu dalam memengaruhi keberhasilan toilet training anak. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan
program parenting yang lebih efektif dalam mendukung proses toilet training anak di lingkungan Pos PAUD Bunga Tulip Desa Werasari Sadananya.
Kata Kunci : Pengalaman ibu, Peran ibu, Toilet training.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.