Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Bedah Di Rumah Sakit
Abstract
Pendahuluan: Kepuasan pasien menjadi kunci keseimbangan bagi sistem pelayanan kesehatan yang harus
selalu diperhatikan. Kepuasan pasien dapat terpenuhi apabila layanan yang diterima sesuai dengan
keingginan pasien. Jika pasien puas maka pasien cenderung akan melalukan kunjungan ulang dan
terbentuknya keterpercayaan pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan
dan citra pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik bedah RSUD dr. Gondo
Suwarno. Metode: Jenis penelitian ini yaitu observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi
penelitian yaitu pasien rawat jalan poliklinik bedah RSUD dr. Gondo Suwarno berjumlah 5.828 dengan
perhitungan sampel quota sampling sehingga didapatkan 104 sampel. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner untuk variabel mutu pelayanan dan citra pelayanan kesehatan. Analisis data dilakukan secara
univariat dan bivariat dengan uji hubungan menggunakan Rank Spearman’s. Hasil: Didapatkan hasil
dominasi variabel reliability (62,5%), responseveness (89,4%), tangible (87,5%), assurance (84,6%),
emphaty (85,6%), dan citra pelayanan kesehatan (86,5%) berkategori baik dan kategori kepuasan 74%. Ada
hubungan yang bermakna antara dimensi reliability (sig p=0,003), responseveness (sig p=0,000), tangible
(sig p=0,000), assurance (sig p=0,000), emphaty (sig p=0,000), dan citra pelayanan kesehatan (sig
p=0,000). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif antara dimensi reliability, responsiveness,
tangible, assurance, emphaty, dan citra pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci : kepuasan pasien rawat jalan, servquel, citra pelayanan kesehatan.
selalu diperhatikan. Kepuasan pasien dapat terpenuhi apabila layanan yang diterima sesuai dengan
keingginan pasien. Jika pasien puas maka pasien cenderung akan melalukan kunjungan ulang dan
terbentuknya keterpercayaan pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan
dan citra pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik bedah RSUD dr. Gondo
Suwarno. Metode: Jenis penelitian ini yaitu observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi
penelitian yaitu pasien rawat jalan poliklinik bedah RSUD dr. Gondo Suwarno berjumlah 5.828 dengan
perhitungan sampel quota sampling sehingga didapatkan 104 sampel. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner untuk variabel mutu pelayanan dan citra pelayanan kesehatan. Analisis data dilakukan secara
univariat dan bivariat dengan uji hubungan menggunakan Rank Spearman’s. Hasil: Didapatkan hasil
dominasi variabel reliability (62,5%), responseveness (89,4%), tangible (87,5%), assurance (84,6%),
emphaty (85,6%), dan citra pelayanan kesehatan (86,5%) berkategori baik dan kategori kepuasan 74%. Ada
hubungan yang bermakna antara dimensi reliability (sig p=0,003), responseveness (sig p=0,000), tangible
(sig p=0,000), assurance (sig p=0,000), emphaty (sig p=0,000), dan citra pelayanan kesehatan (sig
p=0,000). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif antara dimensi reliability, responsiveness,
tangible, assurance, emphaty, dan citra pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci : kepuasan pasien rawat jalan, servquel, citra pelayanan kesehatan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.