Edukasi Pengetahuan Tuberkulosis sebagai Intervensi Kegiatan Home Visit pada Praktek Belajar Lapangan Blok 18 Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Semarang

Kanti Ratnaningrum

Abstract


Penentuan masalah kesehatan yang dipilih sebagai fokus kegiatan home visit pada Praktek Belajar Lapangan (PBL) Blok 18 dilakukan berdasar daftar penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia.
Tuberkulosis (TB) merupakan 10 besar penyakit dengan kematian tertinggi di dunia dan program eliminasi TB merupakan salah satu fokus utama pemerintah di bidang kesehatan khususnya penyakit infeksi. Kegiatan edukasi pengetahuan mengenai TB bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tuberkulosis meliputi identifikasi, penularan, dan pencegahannya. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diawali kegiatan home visit sebagai upaya penentuan dan penilaian prioritas intervensi masalah. Kegiatan ini dilakukan pada komunitas ibu-ibu di RT.02 RW.5 Pusponjolo Selatan, Kelurahan Bojongsalaman, Semarang Barat. Kegiatan edukasi ini dilakukan melalui penyuluhan dan pembagian leflet. Peserta menyimak materi penyuluhan dengan baik.


Kata kunci: home visit, penyuluhan, edukasi, tuberkulosis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.