Mengapa Manajemen Mengimplementasikan Transfer Pricing? (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2013-2016)

Mohklas Mohklas

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk membuktikan pengaruh pajak, kepemilikan asing, ukuran perusahaan dan mekanisme bonus terhadap transfer pricing. Sedangkan secara teoritis untuk pengembangan
ilmu pengetahuan dibidang ekonomi khususnya akuntansi manajemen, dan secara praktis harapannya dapat menjadi referensi bagi para pemilik modal, manajemen perusahaan yang berbeda kepentingan dalam
menerapkan transfer pricing.
Populasi pada penelitian ini adalah 141 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016.
Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 10 perusahaan. Data yang digunakan data sekunder dari laporan tahunan dari www.idx.co.id. Uji yang digunakan; regresi linier berganda, uji parsial, simultan dan koefisien determinasi.  
Hasil penelitian membuktikan bahwa, variabel pajak berpengaruh positif, dan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap transfer pricing, sedangkan ukuran perusahaan, dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, namun secara simultan keempat variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan, dan nilai uji koefisien determinasi sebesar 39%.
 
Kata Kunci: Pajak, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.