Penerapan Sistem Akuntansi Syariah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kabupaten Purworejo

Wakhdan Wakhdan, Galuh Aditya

Abstract


Penelitian ini hanya meneliti tentang penerapan Sistem Akuntansi Syariah berdasarkan Exposure Draf Pengantar Standar Akuntansi Keuangan 101 yang berkaitan dengan Penyajian Laporan Keuangan Syariah, produk
pembiayaan yang sesuai dengan Exposure Draf Pengantar Standar Akuntansi Keuangan 102 yang berisi tentang Akuntansi Murabahah dan Exposure Draf Pengantar Standar Akuntansi Keuangan 107 tentang pembahasan Akuntansi Ijaroh. Metode kualitatif yang dipakai dalam penelitian ini. Data yang kami gunakan tidak menggunakan data statistik karena keterbatasan jumlah data yang ada, hasilnya juga tidak dapat diandalkan.
Penelitian ini berupaya untuk menggambarkan kondisi dan kenyataan tentang Pengantar Standar Akuntansi Keuangan 101, 102 dan 107. Tahapan yang dilakukan peneliti adalah persiapan, pelaksanaan penelitian dan penyelesaian. Penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif meliputi hasil wawancara, reduksi data, analisis, interprestasi data dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa baru 40% anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kab. Purworejo yang sesuai dengan Pengantar Standar Akuntansi Keuangan 101, PSAK 102 dan PSAK 107.

Kata kunci: KSPPS, PSAK 101, 102 dan 107

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.