Rancang Bangun Sistem Jejaring Pemasaran Berbasis Web E-Commerce bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Semarang

Eka Murtiasri, Sri Murtini, Ch. Budhi Adhiani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan pelaku UMKM di Kabupaten Semarang melalui pemenuhan kebutuhan inovasi teknologi pada UMKM guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal dan nasional. Berdasar hasil penelitian sebelumnya, permasalahan utama yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya, bukan terletak pada penanganan proses produksi dan administrasi, namun karena ketiadaan system jejaring antar klaster UMKM dalam melakukan kerjasama khususnya di bidang pemasaran produk. Metode analisis yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode prototipe. Bahasa pemodelan sistem yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML).
Sistem yang dibangun untuk pelanggan berbasis mobile sedangkan bagi binatu dan administrator berbasis web. Hasil yang diperoleh adalah sistem informasi e-Marketplace yang dibangun menjadi wadah usaha klaster dalam bertransaksi serta menjembatani informasi dari usaha klaster kepada pelanggan.. Sampel penelitian ini terdiri dari pelaku usaha, pengurus UMKM/Pengelola Klaster, Dinas Koperasi, dan Bappeda Kabupaten Semarang.
Penelitian ini menghasilkan suatu sistem jejaring klaster yang mampu menciptakan keterhubungan (interconnectedness) terjadinya kerjasama antar klaster UMKM dalam satu kabupaten, yaitu Kabupaten Semarang. Sistem jejaring ini dilengkapi dengan Web-commerce - Market Place Concentrator yang menjadi tulang punggung jejaring. Keberhasilan sistem diukur dengan menggunakan survey keberhasilan kerjasama melalui peningkatan intensitas kegiatan komunikasi dan peningkatan penjualan melalui sistem.

Keywords: Sistem pemasaran, klaster, e-commerce, UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.