Penerapan Urban Farming “Vertikultur” untuk Menambah Pendapatan Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon

Wachdijono Wachdijono, Siti Wahyuni, Umi Trisnaningsih

Abstract


Fakta menunjukkan bahwa lahan pekarangan di setiap rumah tangga perkotaan pada umumnya sempit-sempit, sehingga dianggap tidak ada peluang nilai ekonominya.  Namun setiap rumah tangga tersebut mengeluarkan biaya ekonomi untuk keperluan hidup sehariharinya.
Salah satu pengeluaran rumah tangga yang bersifat rutin dan penting adalah pengeluaran untuk pembelian sayuran.  Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan menerapkan urban farming “vertikultur”  guna menambah pendapatan rumah tangga di kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.
Metode yang digunakan adalah pelatihan, yang mencakup kegiatan penyuluhan dan praktek. Penyuluhan mengenai arti dan manfaat urban farming “vertikultur” dan praktek mengenai budidaya sayuran pada media tanam bertingkat.  Sasaran pengabdian adalah ibu-ibu kader dan penggerak PKK Kelurahan Kalijaga.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi penambahan pengetahuan mengenai urban farming “vertikultur” dan mempraktekkannya.
Penambahan pendapatan rumah tangga berupa pendapatan implisit yang berperan untuk menghemat anggaran pembelian sayuran sehingga anggaran tersebut dapat digunakan  untuk keperluan lainnya yang bermanfaat (menambah kesejahteraan rumah tangga).

Kata kunci: lahan sempit, pendapatan implisit, vertikultur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.