Implementasi Hasil Riset Terapan dalam Program PkM Model Pembelajaran Karakter di SDLB Pelita Ilmu Semarang
Abstract
Salah satu hak anak berkebutuhan khusus (ABK) terutama anak tuna grahita yaitu mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan karakter. Latar belakang perlunya kegiatan ini yaitu karena belum adanya muatan khusus untuk pembelajaran pendidikan karakter di mitra yaitu SDLB Pelita Ilmu Semarang dengan media software yang berbasis audio visual video. Tujuan kegiatan PkM (Program Kemitraan Masyarakat) ini adalah
meningkatkan pemberdayaan mitra yaitu guru dan orang tua sebagai caregivers anak tuna grahita di SDLB Pelita Ilmu Semarang dalam hal pelayanan implementasi model pembelajaran karakter dan pengoperasionalan software pembelajarannya. Metoda yang dilakukan yaitu sosialisasi, seminar dan pelatihan dengan teknik ceramah, tanya jawab, konsultasi dan demonstrasi. Hasil kegiatan pengabdian yaitu meningkatnya pengetahuan mitra dalam pengelolaan anak tuna grahita dan ketrampilan mengoperasikan software sebagai media pembelajarannya serta penerapan buku ajarnya. Selain itu mitra mendapat dukungan edukasi, pendampingan, motivasi dan praktek sehingga dapat menerima dengan baik pengetahuan yang diberikan dan mampu menimplementasikannya pada anak tuna grahita.
Kata kunci: tuna grahita, model pembelajaran karakter, software pembelajaran
meningkatkan pemberdayaan mitra yaitu guru dan orang tua sebagai caregivers anak tuna grahita di SDLB Pelita Ilmu Semarang dalam hal pelayanan implementasi model pembelajaran karakter dan pengoperasionalan software pembelajarannya. Metoda yang dilakukan yaitu sosialisasi, seminar dan pelatihan dengan teknik ceramah, tanya jawab, konsultasi dan demonstrasi. Hasil kegiatan pengabdian yaitu meningkatnya pengetahuan mitra dalam pengelolaan anak tuna grahita dan ketrampilan mengoperasikan software sebagai media pembelajarannya serta penerapan buku ajarnya. Selain itu mitra mendapat dukungan edukasi, pendampingan, motivasi dan praktek sehingga dapat menerima dengan baik pengetahuan yang diberikan dan mampu menimplementasikannya pada anak tuna grahita.
Kata kunci: tuna grahita, model pembelajaran karakter, software pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.