Peningkatan Kualitas Produk dan Pasar Oleh-Oleh Khas Pemalang Melalui Teknologi Tepat Guna

Ireng Sigit Atmanto, Edy Supriyo, Isti Pudjihastuti

Abstract


Buah nanas merupakan salah satu buah-buahan yang banyak ditemukan di Indonesia, salah satunya di daerah Pemalang tepatnya di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang yang menjadi sentra penghasil buah nanas madu dengan jumlah produksinya yang paling banyak diantara daerah penghasil buah nanas madu lainnya.  Buah nanas  tidak tahan lama atau sangat cepat mengalami kerusakan bila disimpan dalam keadaan segar. Oleh karena itu, upaya pengolahan lebih lanjut seperti dibuat minuman sangat membantu memperpanjang masa simpan buah sehingga dapat dikonsumsi kapan saja, lebih praktis, dan memberi nilai tambah terhadap buah. Tujuan dari pengabdian ini  adalah untuk menerapkan teknologi tepat guna pada UKM produsen minuman sari nanas.
Dengan bantuan alat pasteurisasi otomatis di salah satu industri  pengolahan buah nanas di daerah Belik kabupaten Pemalang khususnya di UKM Vitanas akan membantu memaksimalkan proses pengawetan. Dari
hasil aplikasi alat pasteurisasi tersebut dapat meningkatkan produksi 2 kali lipat dengan mempersingkat proses pasteurisasi yang selama ini dilakukan secara konvensional.
 
Kata kunci: nanas, pasteurisasi, kualitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.