Pengembangan Media Pop-Up Book Geometri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Dan Logika Matematika Anak Usia Dini

- Masruroh, Venissa Dian Mawarsari, Eko Andy Purnomo

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book Geometri. Model yang digunakan mengadopsi dari Thiagarajan yaitu pengembangan model 4D (3D). Teknik pengambilan data penelitian dengan wawancara, validasi ahli materi dan media, dokumentasi, dan tes lisan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas TK-B. Hasil penelitian didapatkan proses pengembangan sesuai dengan tahap 3D Thiagrajan, skor rata-rata persentase ahli media dan ahli materi sebesar 80,625%  sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book Geometri cukup valid dan layak digunakan. Terdapat peningkatan kecerdasan visual spasial sebesar 20,93% dan peningkatan kecerdasan logika matematika sebesar 40,34% setelah menggunakan media Pop-Up Book Geometri.
Kata Kunci : logika matematika, media pop-up book, R & D, visual spasial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.