PKM Peningkatan Daya Saing Penjualan dan Profit Produk IRT “Seni Keripik” Singkong dan Pisang Pada Era Industri 4.0

Anis Siti Nurrohkayati, Asslia Johar Latipah, Syahrul Fathur Rahman

Abstract


Pada era Industri 4.0 ini suatu usaha mulai dari usaha kecil, menengah, dan besar harus mampu bersaing dalam pasar
global. Peningkatan daya saing suatu produk salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan desain kemasan
yang baik dan juga iklan dari produk tersebut. Kemasan produk dan pemasaran dengan menggunakan media sosial
merupakan salah satu cara untuk mampu bersaing pada era ini. Permasalahan yang ada saat ini adalah bahwa
produsen Seni Keripik masih menggunakan cara tradisional pada proses penjualannya. Produk Seni Keripik harus
mampu untuk dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya melalui informasi kecil namun harus diperkenalkan dengan
menggunakan informasi yang global. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk membantu produsen kripik
dalam meningkatkan kualitas produknya. Hal itu dilakukan dengan mebuat kemasan produk dan penjualan online.
Metode kansei word digunakan untuk menentukan desain kemasan yang sesuai dan diinginkan oleh konsumen.
Hasil pengabdian ini adalah kemasan keripik dan akun media sosial produk seni kripik guna mengiklankan
produknya lebih luas. Kegiatan pengabdia ini, diharapkan mampu membantu usaha Seni Keripik dalam
meningkatkan daya saing penjualan dan profit di era Industri 4.0 ini.
Kata Kunci : Keripik, Kemasan, Media Sosial, Kansei Word, Profit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.