Perkuliahan Daring Di Era Covid-19 : Solusi atau Evolusi ?
Abstract
Awal tahun 2020 Indonesia dikejutkan dengan merebaknya wabah Covid-19. Hingga memasuki akhir tahun 2020,
virus yang berbahaya dan mematikan ini semakin meluas penyebarannya ke seluruh penjuru Indonesia. Hal tersebut
merubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya pada proses pembelajaran di lingkungan pendidikan
tinggi vokasi. Melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah melarang perguruan tinggi untuk
melakukan perkuliahan tatap muka, dan memerintahkan untuk melakukan perkuliahan secara daring. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan mendeskripsikan bagaimana kendala yang ditemui mahasiswa
pada saat perkuliahan daring. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa vokasi di sekolah vokasi swasta di Kota Solo.
Responden berjumlah 10 orang yang mewakili beberapa angkatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode
wawancara terstruktur menggunakan media online. Berdasarkan hasil wawancara terdapat kendala yaitu, mahasiswa
sulit untuk menyerap semua informasi teknis karena tidak maksimalnya proses praktikum melalui sistem daring, dan
minimnya pemantauan dari kegiatan belajar mengajar secara daring. Terdapat kendala baik itu dari infrastruktur
maupun dari keterbatasan kegiatan praktikum bidang keahlian tertentu yang tidak bisa diserap maksimal karena
terhalang oleh interaksi jarak jauh, dan juga kendala dari metode pembelajaran dosen.
Kata Kunci : Pandemi, Covid-19, Pendidikan, Vokasi
virus yang berbahaya dan mematikan ini semakin meluas penyebarannya ke seluruh penjuru Indonesia. Hal tersebut
merubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya pada proses pembelajaran di lingkungan pendidikan
tinggi vokasi. Melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah melarang perguruan tinggi untuk
melakukan perkuliahan tatap muka, dan memerintahkan untuk melakukan perkuliahan secara daring. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan mendeskripsikan bagaimana kendala yang ditemui mahasiswa
pada saat perkuliahan daring. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa vokasi di sekolah vokasi swasta di Kota Solo.
Responden berjumlah 10 orang yang mewakili beberapa angkatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode
wawancara terstruktur menggunakan media online. Berdasarkan hasil wawancara terdapat kendala yaitu, mahasiswa
sulit untuk menyerap semua informasi teknis karena tidak maksimalnya proses praktikum melalui sistem daring, dan
minimnya pemantauan dari kegiatan belajar mengajar secara daring. Terdapat kendala baik itu dari infrastruktur
maupun dari keterbatasan kegiatan praktikum bidang keahlian tertentu yang tidak bisa diserap maksimal karena
terhalang oleh interaksi jarak jauh, dan juga kendala dari metode pembelajaran dosen.
Kata Kunci : Pandemi, Covid-19, Pendidikan, Vokasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.