Analisis Implementasi Keterampilan Komunikasi pada Abad-21 dalam Pembelajaran Kimia (Studi Kasus di MA Kota Semarang)

Marita Mulyaningrum, Andari Puji Astuti, Fitria Fatichatul Hidayah

Abstract


Pendidikan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang kewajiban pendidik dan tenaga kependidikan, tujuan dari pendidikan di Indonesia dan kualitas pendidikan. Pada abad-21 guru memiliki peran yang besar dalam mengarahkan peserta didiknya agar mampu menguasai beberapa keterampilan dan kompetensi. Kompetensi yang harus dimiliki guru terdapat dalam Undang-Undang No 4 Tahun 2005. Keterampilan Komunikasi adalah salah satu keterampilan yang terdapat dalam 4 aspek keterampilan abad-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi keterampilan komunikasi yang dibuat guru pada perencanaan pembelajaran kimia; (2) mendeskripsikan implementasi keterampilan komunikasi pada pelaksanaan pembelajaran kimia, dan (3) mendeskripsikan dan membandingkan implementasi keterampilan komunikasi pada keduanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan video saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis yang digunakan adalah transkrip video pembalajaran. Berdasarkan hasil analisis keterampilan komunikasi pada perencanaan pembelajaran, diperoleh persentase frekuensi keterampilan komunikasi satu arah sebesar 61.1% dan komunikasi dua arah sebesar 38.9%. Keterampilan komunikasi tertulis guru sudah sesuai dengan materi kimia
dan sudah menguasai dengan dibuktikan guru kimia menggunakan simbol-simbol kimia yang sesuai. Keterampilan komunikasi lisan guru dibedakan menjadi dua, yaitu keterampilan komunikasi lisan satu arah dan keterampilan komunikasi lisan dua arah. Pada penelitian ini, dihasilkan keterampilan komunikasi lisan satu arah dan dua arah,
memiliki skor rata-rata sebesar 94.4% dan 81.4%. Peneliti  membandingkan keterampilan komunikasi yang ada pada perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, diperoleh hasil keterampilan antara keduanya seimbang. Sehingga bisa dikatakan bahwa guru mengajar dengan sesuai perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Hasil penelitian ini adalah guru kimia, mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan perencaan pembelelajarannya yang sudah dibuat guru.
Kata Kunci:Implementasi, Komunikasi, Abad-21, Pembelajaran, Kimia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.