Implementasi Lesson Study melalui Pembelajaran Inquiry Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter Materi Turunan Kelas XI IPS
Abstract
Metode pengajaran guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya terpaku pada apa yang dijelaskan guru yang mengakibatkan rendahnya rasa ingin tahu dan kreativitas siswa, serta banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal turunan yang bersifat kontekstual. Implementasi lesson study melalui pembelajaran inquiry learning terintegrasi pendidikan karakter merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, rasa ingin tahu dan kreativitas siswa dalam inmplementasi lesson study melalui pembelajaran inquiry learning terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rata-rata 80,61, karakter rasa ingin tahu siswa rata-rata 74,50% dalam kategori baik dan karakter kreativitas siswa rata-rata 68,96% dalam kategori kreatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi lesson studymelalui pembelajaran inquiri learning terintegrasi pendidikan karakter materi turunan kelas XI IPS sangat baik.
Kata Kunci : Lesson Study, Inquiry Learning, Pendidikan Karakter, Materi Turunan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.