Strategi Pengembangan UKM Keripik Tempe Desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengambil lokasi di Desa Tahunan, Kecamatan Sale, Kabupaten
Rembang. Tujuan utama dilakukan PKM ini adalah untuk pengembangan Desa Tahunan untuk peningkatan
PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang diupayakan dari berbagai aspek program, diantaranya adalah
pengembangan hasil produksi tempe menjadi produk olahan berupa keripik tempe. UKM Keripik Tempe Tesa
Tahunan memiliki citra dan kualitas produk keripik yang baik akan tetapi pengelolaan usaha masih sederhana,
belum memiliki identitas usaha dan label/kemasan produk. Beberapa permasalahan diataranya adalah kurangnya
kemampuan SDM mitra dalam hal pemasaran, pembuatan laporan keuangan, serta masih minimnya inovasi
Produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan pemasaran
berbasis online, manajemen keuangan untuk UKM, packaging dan labeling serta teknik fotografi produk keripik
tempe. Selain pelatihan juga dilakukan fasilitas program dengan pemasasangan identitas usaha/banner, desain
dan cetak label produk serta kemasan. Tim juga melakukan kegiatan pendampingan dengan tujuan memastikan
kegiatan sesuai dengan yang tujuan pelaksaan. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada
masyarakat ini diantaranya meningkatnya kemampuan mitra dalam mengoptimalkan media pemasaran berbasis
online, memiliki label produk, memiliki identitas usaha, serta peningkatan kemapuan melakukan fotografi untuk
menghasilkan gambar yang baik untuk ditampilkan dalam media pemasaran.
Keywords
keripik, tempe, pelatihan, pendampingan, UKM.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.