Pengembangan Edu Agatrix Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI

- Anjarwati, Dwi Sulistyaningsih, Venissa Dian Mawarsari

Abstract


Pemanfaatan teknologi berbasis android sebagai media pembelajaran belum optimal. Berdasarkan
hasil wawancara diperoleh pemahaman konsep siswa masih kurang. Hal ini dikarenakan guru dalam
mengajar belum memanfaatkan media secara optimal hanya menggunakan modul dalam bentuk PPT
atau PDF, pembelajaran monoton dan pasif, masih minimnya atensi siswa terhadap soal-soal matriks
yang susah dipecahkan dan masih enggan mencari penyelesaian untuk pemecahannya serta siswa
belum memanfaatkan smartphone dengan baik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan, solusi yang
ditawarkan yaitu pengembangan media dengan game edukasi petualangan. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Perancangan,
Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kevalidan, peningkatan pemahaman konsep, dan kepraktisan media Edu Agatrix dengan pendekatan
inkuiri terbimbing. Teknik pengambilan sampel adalah Convenience Sampling. Subjek uji coba skala
kecil sebanyak 15 siswa dan uji coba lapangan sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dengan
wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli,
angket respon siswa dan guru, tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji
validasi ahli media sebesar 4,4 dengan kriteria valid dan validasi ahli materi sebesar 4,7 dengan kriteria
valid. respon siswa sebesar 3,3 dengan kriteria praktis dan respon guru 3,5 dengan kriteria praktis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Edu
Agatrix ini valid, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI, dan praktis digunakan
sebagai media pembelajaran matematika.

Kata Kunci : Pengembangan, Edu Agatrix, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.