VALIDITAS MODUL BERBASIS EDUTAINMENT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII

Rosiana Oriza Sativa, Iswahyudi Joko Suprayitno, Martyana Prihaswati

Abstract


Kurangnya ketersediaan bahan ajar dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII H SMP Negeri 2
Lebaksiu yang terkesan monoton dan membosankan karena tidak menghadirkan ilustrasi menarik yang
membuat siswa tertarik dalam memahami materi, terutama pada materi  bangun ruang sisi datar, siswa juga
tidak terlibat aktif selama proses pembelajaran sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong
rendah dilihat dari kemampuan siswa dalam menjelaskan kembali konsep, mengklasifikasikan objek menurut
sifat-sifat tertentu dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan
ajar yang dapat membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika agar dapat menumbuhkan
kemampuan pemahaman konsepnya. Bahan ajar tersebut berupa modul yang berbasis edutainment dengan
pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini untuk menentukan
kevalidan dan kepraktisan dari modul berbasis edutainment dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penilaian dari ahli
materi dan ahli media.Instrumen yang dipakai menggunakan lembar penilaian yang berisi lembar penilaian
dengan skala 1-4 dan saran atau komentar para ahli materi dan ahli media. Angket validasi ahli media terdiri
dari aspek desain cover modul dan aspek desain isi modul. Angket validasi ahli materi terdiri dari 6 aspek
yaitu aspek kelayakan isi, aspek edutainment, aspek sistematika isi modul, aspek keterlaksanaan, aspek
kelengkapan modul, dan aspek komponen kontekstual.  Hasil yang diperoleh pada penelitian ini uji validasi
ahli media sebesar 3,38 dengan kriteria valid dan uji validasi ahli materi sebesar 3,81 dengan kriteria valid
dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci : Modul, Edutainment, Kontekstual, Pemahaman Konsep, Validitas
Abstract

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.