Perancangan E-Commerce pada Toko Fadly Samyongers Menggunakan Business Model Canvas(BMC) dengan Plugin Yoast untuk Optimasi Search Engine Google
Abstract
Pandemi Covid-19 sejak April 2020 lalu berdampak pada semua sektor baik sektor
manufaktur maupun sektor UMKM. Upaya pemulihan ekonomi nasional yang
dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah mendorong sektor UMKM
untuk berkembang, menurunnya omset penjualan secara drastis dirasakan oleh
pelaku usaha termasuk Toko Fadly Samyongers, toko ini berlokasi di Jl. Percetakan
Negara IV B No.50, RT.9/RW.9, Johar Baru, Kec. Johar Baru, Kota Jakarta Pusat.
Produk yang dijual berupa pakan ternak terutama pakan burung dan aksesoris
lainnya. Sepinya pembeli yang datang ketoko merupakan masalahan yang dihadapi,
akibatnya omset penjualan menurun, cakupan pasar yang terbatas dimana selama ini
hanya mengandalkan pembeli yang berlokasi tidak jauh dari toko. berdasarkan
permasalahan tersebut, penulis memberikan alternatif penyelesaian masalah yaitu
dengan merancang model penjualan secara online melalu media internet berupa web
e-commerce. Perancagan E-commerce dimulai dari analisa bisnis menggunakan
Business Model Canvas(BMC), membuat proses bisnis dengan diagram Unified
Modeling Language (UML) seperti activity diagram, usecase diagram, class diagram.
Web dibangun menggunakan CMS wordpress dengan plugin Woocommerce. Untuk
optimasi SEO menggunakan plugin Yoast SEO. Didalam web tersedia menu laporan
yang dapat diakses pemilik usaha seperti menu laporan order, laporan pendapatan,
laporan stock barang. Tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan omset
penjualan, memperluas cakupan pasar dengan memanfaatkan teknologi e-commerce
yang didukung oleh tehnik SEO yang baik.
Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Toko Fadly Samyongers, E-commerce, BMC, Yoast SEO.
manufaktur maupun sektor UMKM. Upaya pemulihan ekonomi nasional yang
dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah mendorong sektor UMKM
untuk berkembang, menurunnya omset penjualan secara drastis dirasakan oleh
pelaku usaha termasuk Toko Fadly Samyongers, toko ini berlokasi di Jl. Percetakan
Negara IV B No.50, RT.9/RW.9, Johar Baru, Kec. Johar Baru, Kota Jakarta Pusat.
Produk yang dijual berupa pakan ternak terutama pakan burung dan aksesoris
lainnya. Sepinya pembeli yang datang ketoko merupakan masalahan yang dihadapi,
akibatnya omset penjualan menurun, cakupan pasar yang terbatas dimana selama ini
hanya mengandalkan pembeli yang berlokasi tidak jauh dari toko. berdasarkan
permasalahan tersebut, penulis memberikan alternatif penyelesaian masalah yaitu
dengan merancang model penjualan secara online melalu media internet berupa web
e-commerce. Perancagan E-commerce dimulai dari analisa bisnis menggunakan
Business Model Canvas(BMC), membuat proses bisnis dengan diagram Unified
Modeling Language (UML) seperti activity diagram, usecase diagram, class diagram.
Web dibangun menggunakan CMS wordpress dengan plugin Woocommerce. Untuk
optimasi SEO menggunakan plugin Yoast SEO. Didalam web tersedia menu laporan
yang dapat diakses pemilik usaha seperti menu laporan order, laporan pendapatan,
laporan stock barang. Tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan omset
penjualan, memperluas cakupan pasar dengan memanfaatkan teknologi e-commerce
yang didukung oleh tehnik SEO yang baik.
Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Toko Fadly Samyongers, E-commerce, BMC, Yoast SEO.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.