Media Sosial, Suasana, Bangunan dan Pengembangan Usaha Coffee Shop pada Era SDGS di Kota Cirebon
Abstract
Pengembangan usaha merupakan hal yang sangat penting agar usaha tidak berhenti di tengah jalan.
Apalagi dalam kondisi persaingan pada era SDGs ini maka pemilik usaha harus memperhatikan variabelvariabel
yang
berkaitan
dengan
pengembangan
usaha.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan
variabel
media sosial, suasana, bangunan dan pengembangan usaha coffee shop pada era SDGs. Waktu
penelitian pada bulan April-Juli 2021 dan lokasinya di coffee shop Kota Cirebon. Desain penelitian adalah
kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah pemilik coffee shop di Kota Cirebon yang
berjumlah 85 orang, sehingga teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara sensus. Pengukuran data
memakai Skala Likert lalu dianalilis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media
sosial sangat menarik, variabel suasana sangat nyaman, variabel bangunan sangat mendukung
pengembangan usaha dan variabel pengembangan usaha coffee shop sangat berkembang. Rekomendasi dari
penelitian ini diarahkan kepada pemilik atau pelaku usaha coffee shop agar tetap mempertahankan kondisi
variabel-variabel di atas sehingga tetap eksis dalam mengelola usahanya di era SDGs ini.
Kata Kunci : bangunan, coffee shop, media sosial, pengembangan usaha, suasana
Apalagi dalam kondisi persaingan pada era SDGs ini maka pemilik usaha harus memperhatikan variabelvariabel
yang
berkaitan
dengan
pengembangan
usaha.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan
variabel
media sosial, suasana, bangunan dan pengembangan usaha coffee shop pada era SDGs. Waktu
penelitian pada bulan April-Juli 2021 dan lokasinya di coffee shop Kota Cirebon. Desain penelitian adalah
kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah pemilik coffee shop di Kota Cirebon yang
berjumlah 85 orang, sehingga teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara sensus. Pengukuran data
memakai Skala Likert lalu dianalilis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media
sosial sangat menarik, variabel suasana sangat nyaman, variabel bangunan sangat mendukung
pengembangan usaha dan variabel pengembangan usaha coffee shop sangat berkembang. Rekomendasi dari
penelitian ini diarahkan kepada pemilik atau pelaku usaha coffee shop agar tetap mempertahankan kondisi
variabel-variabel di atas sehingga tetap eksis dalam mengelola usahanya di era SDGs ini.
Kata Kunci : bangunan, coffee shop, media sosial, pengembangan usaha, suasana
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.