Koperasi Pemasaran Dan Pemasarannya Sebagai Daya Tarik Dan Smart Solution Bagi Petani

- Fitriana

Abstract


Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan hasil buminya yang melimpah, baik dalam
bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan. Anugerah Allah SWT yang luar biasa
tersebut sudah seharusnya di syukuri dengan memanfaatkannya sebaik mungkin. Pertanian adalah
sebuah bidang yang memiliki peran penting dalam penyuplaian kebutuhan kepada masyarakat,
entah dalam persediaan sayur mayur, buah-buahan, kebutuhan pokok,dsb, untuk itu keberadaan
usaha pertanian perlu dilestarikan, untuk melestarikannya, maka perlu diperhatikan kesejahteraan
petani. Salah satu permasalahan yang dihadapi petani adalah kurangnya informasi mengenai
pemasaran terhadap produk yang dihasilkannya, sehingga petani akan memilih jalur yang dirasakan
lebih mudah, walaupun berimbas pada harga jual yang lebih rendah, banyak tengkulak yang
memberikan harga yang tidak bersahabat dengan petani, namun petani tetap memberikan hasil
pertaniannya karena belum mengetahui pembeli-pembeli yang bisa ditembus dan cara
menembusnya, sehingga hal tersebut perlu dicari solusinya, ada berbagai bentuk cara yang bisa
dilakukan untuk mencoba mengatasi permasalahan tersebut, antara lain dengan pendirian koperasi
pemasaran. Koperasi pemasaran adalah sebuah badan hukum yang bertujuan untuk
menyejahterahkan anggotanya. Koperasi pemasaran adalah sebuah wadah untuk memasarkan
produk dari anggotanya melalui berbagai  strategi, misalnya melalui pameran-pameran, ikut serta
dalam event-event, membuat kemasan yang menarik, menawarkan harga yang bersaing,
mensyaratkan kualitas produk yang berkualitas dan sebagainya, dari berbagai strategi tersebut,
diharapkan para anggotanya akan belajar bagaimana cara memasarkan produk, cara mencari
konsumen, menentukan STP, sehingga akan lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan.
Dengan adanya koperasi pemasaran, diharapkan petani juga akan memiliki pengetahuan tambahan
dan berkelanjutan mengenai pemasaran, sehingga masalah pemasaran bagi petani akan sedikit
berkurang. Petani akan bisa menentukan strategi kapan harus menjual produknya, produknya harus
diolah seperti apa, dsb. Untuk mewujudkan koperasi pemasaran yang bersinergi dengan petani, maka
disini diperlukannya upaya pemasaran terhadap keberadaan koperasi pemasaran itu sendiri. Dengan
adanya pemasaran, maka target pemasaran akan menyadarai keberadaan sebuah koperasi
pemasaran dan akan penasaran, yang kemudian akan tertarik untuk bergabung.
Kata kunci: Pemasaran, Koperasi Pemasaran, Petani, Pertanian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.