Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Pembelian Produk Pertanian Organik Secara Online Pada Generasi X
Abstract
Layanan online mulai diminati dibanding layanan offline, dikarenakan manusia ingin hidup
lebih praktis, serta adanya pandemi membuat semua hal harus dikerjakan dari rumah. Theory of Planned
Behavior digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang niat. Metode dasar penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Lokasi penelitian di DKI Jakarta
dengan metode penentuan lokasi secara purposive. Metode penentuan sampel menggunakan
perbandingan jumlah indikator yang menghasilkan 112 sampel. Kriteria sampel adalah penduduk DKI
Jakarta, berusia 41-56 tahun dan pernah membeli sayur organik tetapi tidak secara online. Metode
pengumpulan data menggunakan kuisioner online yang disebarkan melalui media sosial. Metode analisis
data menggunakan SEM yang dianalisis dengan software AMOS 22. Hasil analisis SEM menunjukkan
bahwa goodness of fit yang relatif baik dan dapat dianggap memenuhi kesesuian model, CMIN/Df= 1,164;
TLI= 0,986; CFI= 0,990; NFI= 0,935; IFI= 0,990 dan RMR 0,050, sedangkan parameter lain kurang
mendukung. Hasil estimasi model menunjukkan bahwa sikap dipengaruhi oleh norma subjektif (β= 0,59;
cr= 5,711), niat dipengaruhi oleh norma subjektif (β= 0,46; cr= 4,215) dan kontrol perilaku (β= 0,57; cr=
4,098), sedangkan sikap tidak berpengaruh (β= 0,13; cr= 1,084). Hubungan antar variabel model
persamaan struktural penelitian ini secara umum mendukung hasil penelitian sebelumnya, terkecuali
pada hubungan antara sikap dengan niat.
Kata Kunci : Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Niat, dan Generasi X
lebih praktis, serta adanya pandemi membuat semua hal harus dikerjakan dari rumah. Theory of Planned
Behavior digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang niat. Metode dasar penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Lokasi penelitian di DKI Jakarta
dengan metode penentuan lokasi secara purposive. Metode penentuan sampel menggunakan
perbandingan jumlah indikator yang menghasilkan 112 sampel. Kriteria sampel adalah penduduk DKI
Jakarta, berusia 41-56 tahun dan pernah membeli sayur organik tetapi tidak secara online. Metode
pengumpulan data menggunakan kuisioner online yang disebarkan melalui media sosial. Metode analisis
data menggunakan SEM yang dianalisis dengan software AMOS 22. Hasil analisis SEM menunjukkan
bahwa goodness of fit yang relatif baik dan dapat dianggap memenuhi kesesuian model, CMIN/Df= 1,164;
TLI= 0,986; CFI= 0,990; NFI= 0,935; IFI= 0,990 dan RMR 0,050, sedangkan parameter lain kurang
mendukung. Hasil estimasi model menunjukkan bahwa sikap dipengaruhi oleh norma subjektif (β= 0,59;
cr= 5,711), niat dipengaruhi oleh norma subjektif (β= 0,46; cr= 4,215) dan kontrol perilaku (β= 0,57; cr=
4,098), sedangkan sikap tidak berpengaruh (β= 0,13; cr= 1,084). Hubungan antar variabel model
persamaan struktural penelitian ini secara umum mendukung hasil penelitian sebelumnya, terkecuali
pada hubungan antara sikap dengan niat.
Kata Kunci : Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Niat, dan Generasi X
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.