Mengeksplorasi Persepsi Dosen tentang Penggunaan Pengajaran Bahasa Komunikatif Antar Budaya (ICLT) untuk mata kuliah CCU
Abstract
Pada era globalisasi ini, mobilitas dan interaksi orang-orang dari seluruh dunia saling terhubung sehingga
membekali peserta didik dengan kompetensi linguistik dan budaya serta mendorong komunikasi lintas
budaya mahasiswa terhadap bahasa target menjadi sangat krusial. Oleh karena itu, dosen program studi
Pendidikan bahasa Inggris tidak hanya berperan dalam menguatkan kompetensi linguistik tetapi juga
kompetensi lintas budaya mahasiswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui persepsi dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dalam mendorong pemahaman lintas
budaya (CCU) melalui implementasi model pembelajaran Intercultural Communicative Language
Teaching (ICLT) sebagai pendekatan dalam mempromosikan kompetensi komunikasi lintas budaya bagi
mahasiswa. Responden pada penelitian ini adalah dua dosen PBI yang mengampuh mata kuliah CCU
pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Kendari. Pada penelitian
kualitatif deskriptif ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi untuk mengumpulkan
data dan kemudian dianalisis melalui pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa persepsi dosen yang berbeda terhadap budaya mempengaruhi pemahaman dan strategi mereka
masing-masing dalam mengimplementasikan model pembelajaran ICLT pada matakuliah CCU di kelas.
Namun demikian, strategi pilihan yang digunakan sebagian besar dosen adalah memaparkan
pengalaman lintas budaya yang dialami langsung dosen, memberikan umpan balik ke mahasiswa untuk
berdiskusi dan mengakses video lintas budaya di Youtube, dan membuat laporan video interaktif dari
pengalaman lintas budaya mahasiswa.
Kata Kunci : Cross Cultural Understanding (CCU), Intercultural Communicative Language Teaching
(ICLT), dan Persepsi Dosen PBI
membekali peserta didik dengan kompetensi linguistik dan budaya serta mendorong komunikasi lintas
budaya mahasiswa terhadap bahasa target menjadi sangat krusial. Oleh karena itu, dosen program studi
Pendidikan bahasa Inggris tidak hanya berperan dalam menguatkan kompetensi linguistik tetapi juga
kompetensi lintas budaya mahasiswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui persepsi dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dalam mendorong pemahaman lintas
budaya (CCU) melalui implementasi model pembelajaran Intercultural Communicative Language
Teaching (ICLT) sebagai pendekatan dalam mempromosikan kompetensi komunikasi lintas budaya bagi
mahasiswa. Responden pada penelitian ini adalah dua dosen PBI yang mengampuh mata kuliah CCU
pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Kendari. Pada penelitian
kualitatif deskriptif ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi untuk mengumpulkan
data dan kemudian dianalisis melalui pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa persepsi dosen yang berbeda terhadap budaya mempengaruhi pemahaman dan strategi mereka
masing-masing dalam mengimplementasikan model pembelajaran ICLT pada matakuliah CCU di kelas.
Namun demikian, strategi pilihan yang digunakan sebagian besar dosen adalah memaparkan
pengalaman lintas budaya yang dialami langsung dosen, memberikan umpan balik ke mahasiswa untuk
berdiskusi dan mengakses video lintas budaya di Youtube, dan membuat laporan video interaktif dari
pengalaman lintas budaya mahasiswa.
Kata Kunci : Cross Cultural Understanding (CCU), Intercultural Communicative Language Teaching
(ICLT), dan Persepsi Dosen PBI
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.