Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Creativity dan Innovation Skills Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi

- Ekawarna, - Arpizal, Novia Sri Dwijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Creativity and Innovation Skills Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi pada mata Kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi.
Analisis data mengunakan teknik analisis data kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL yang dapat
meningkatkan creativity and innovation skills mahasiswa. Hal ini dilihat pada siklus I dan II
pembelajaran yang telah dilaksanakan. Peningkatan hasil tes kemampuan adalah 25,89%.
Peningkatan diperoleh dari hasil pencapain evaluasi pada siklus I 59,50% dengan kategori sedang,
naik menjadi 85,39% pada siklus II. yang artinya 25 dari total 28 mahasiswa memperoleh creativity
and innovation skills. Terjadi peningkatan aktivitas belajar dalam menerapakan model pembelajaran
PjBL sebesar 18,82%. Peningkatan aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan observasi yang
dilakukan pada siklus I yakni 62,52% atau terkaterori cukup dan pada siklus II meningkat 81,34%
atau kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) yang dapat
meningkatkan kemampuan creativity and innovation skills mahasiswa pada  mata  kuliah Strategi
Pembelajaran Ekonomi. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I dan siklus II pembelajaran
yang telah dilaksanakan. 2) Terjadi peningkatan aktivitas belajar dalam menerapakan model
pembelajaran project based learning (PjBL).
Kata kunci: PjBL, Creativity and Innovation Skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.