Pengaruh Penerapan Pendekatan RME Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Statistika di Kelas XII

Amira Yaomi Nazhifah, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan penerapan pendekatan RME pada materi statistika. Peneliti
menggunakan pendekatan RME karena masalah utama yang sering dihadapi pada pelajaran
matematika adalah rendahnya hasil belajar siswa. Diasumsikan yang menjadi penyebab dari
permasalahan tersebut yaitu pendekatan pembelajaran yang dipakai selama ini masih menggunakan
pendekatan tradisional yang menekankan pada latihan mengerjakan soal serta menggunakan rumus.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan pendekatan RME pada materi
statistika. RME merupakan sebuah metode yang berawal dari ide tentang pembelajaran dan
pengajaran yang dapat memberi gambaran dengan contoh dari ilustrasi dasarnya. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun perangkat pembelajaran yang
digunakan yaitu RPP, pre-test, dan juga post-test. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh
dalam penelitian ini, maka disimpulkan bahwa efektif menggunakan pendekatan RME dengan hasil
N-Gain yang lebih dari 76%.
Kata Kunci : Matematika, Statistika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.