Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus (Case Method) untuk Menumbuhkan Generasi Sadar Pajak pada Mata Kuliah Perpajakan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis pemecahan kasus (case method)
untuk menumbuhkn generasi sadar pajak pada mata kuliah perpajakan Program Studi Pendidikan
Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Analisis data menggunakan teknik analalisis deskriptif kuantitiaf
dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah
Mahasiswa Semester III (kelas R001) yang mengontrak mata kuliah Perpajakan Program Studi
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi Tahun Akademik 2021/2022. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis kasus (case method) dapat
meningkatkan hasil nilai rata-rata mata kuliah perpajakan dan meningkatan kesadaran pajak
mahasiswa agar tumbuh menjadi generasi sadar pajak pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Peningkatan ini terlihat dari mahasiswa yang memilki kesadaran
pajak pada siklus I sebesar 57,14% terkategori baik dan kategori sangat baik hanya 42,86%.
Selanjutnya pada siklus II mahaiswa dengan kesadaran pajak dengan kategori sangat baik meningkat
menjadi 77,14% dan kategori baik 22,86%. Pada siklus III sebagian besar mamahasiswa atau 91,43%
telah memilki kesadaran tentang pajak dengan kategori sangat baik dan hanya 8,57% kategori baik.
Hal ini berarti bahwa penerapan metode pembelajaran case method pada mata kuliah perpajakan dapat
menumbuhkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya pajak.
Kata Kunci : Case, Method, Generasi, Sadar, Pajak.
untuk menumbuhkn generasi sadar pajak pada mata kuliah perpajakan Program Studi Pendidikan
Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Analisis data menggunakan teknik analalisis deskriptif kuantitiaf
dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah
Mahasiswa Semester III (kelas R001) yang mengontrak mata kuliah Perpajakan Program Studi
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi Tahun Akademik 2021/2022. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis kasus (case method) dapat
meningkatkan hasil nilai rata-rata mata kuliah perpajakan dan meningkatan kesadaran pajak
mahasiswa agar tumbuh menjadi generasi sadar pajak pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Peningkatan ini terlihat dari mahasiswa yang memilki kesadaran
pajak pada siklus I sebesar 57,14% terkategori baik dan kategori sangat baik hanya 42,86%.
Selanjutnya pada siklus II mahaiswa dengan kesadaran pajak dengan kategori sangat baik meningkat
menjadi 77,14% dan kategori baik 22,86%. Pada siklus III sebagian besar mamahasiswa atau 91,43%
telah memilki kesadaran tentang pajak dengan kategori sangat baik dan hanya 8,57% kategori baik.
Hal ini berarti bahwa penerapan metode pembelajaran case method pada mata kuliah perpajakan dapat
menumbuhkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya pajak.
Kata Kunci : Case, Method, Generasi, Sadar, Pajak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.