DESKRIPSI IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HIDUP PESERTA DIDIK PADA KARYA ILMIAH REMAJA DI SMPN 1 SIDOARJO
Abstract
Untuk meningkatkan keterampilan hidup (life skills) peserta didik maka Sekolah Menengah Pertama
(SMP) Negeri 1 Sidoarjo berinovasi dalam pembelajaran dengan mengimplementasikan Project Based
Learning (PjBL) pada kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR), peneliti melakukan penelitian terkait
pembelajaran tersebut dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas pada tahapan pembelajaran ini dilaksanakan dengan baik oleh peserta didik dan guru,
peserta didik memiliki respon perhatian (attention), relevansi (relevance), keyakinan (confidence), dan
kepuasan (satisfaction) ARCS rata-rata minat =3,63 dan motivasi =3,89 dengan kategori baik pada
pembelajaran, demikian juga ketuntasan hasil belajar klasikal menunjukkan indeks proposi klasikal
(P) klasikal= 0,92 ≥ 0,85 artinya ketuntasan klasikal tercapai, sehingga dengan hasil ini dapat
meningkatkan keterampilan hidup (life skills) peserta didik dengan baik, seperti: a) meningkatkan
minat dan motivasi belajar, b) meningkatkan kecakapan kolaboratif, c) meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah, d) meningkatkan keterampilan mengelola sumber informasi, e) meningkatkan
kreativitas peserta didik, f) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan g) pada saat peserta didik
belajar dan bekerja secara berkelompok, mereka menemukan dan mendapatkan keterampilan untuk
merencanakan, mengorganisasi, bernegosiasi, dan membuat kesepakatan terkait tema tugas yang
dikerjakan, pihak yang bertanggungjawab pada tugas yang diberikan, dan bagaimana informasi
terkumpul dan disediakan. Kelemahan dari pembelajaran ini adalah a) terkadang peserta didik
mengalami kesulitan dalam memperoleh fasilitas sumber belajar, b) membutuhkan kesesuaian tema
yang dipilih oleh peserta didik, c) membutuhkan perencanaan waktu yang tepat, dan d) membutuhkan
frekuensi koordinasi yang lebih banyak antara peserta didik dan guru.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Hidup (Life Skills),
Karya Ilmiah Remaja (KIR).
(SMP) Negeri 1 Sidoarjo berinovasi dalam pembelajaran dengan mengimplementasikan Project Based
Learning (PjBL) pada kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR), peneliti melakukan penelitian terkait
pembelajaran tersebut dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas pada tahapan pembelajaran ini dilaksanakan dengan baik oleh peserta didik dan guru,
peserta didik memiliki respon perhatian (attention), relevansi (relevance), keyakinan (confidence), dan
kepuasan (satisfaction) ARCS rata-rata minat =3,63 dan motivasi =3,89 dengan kategori baik pada
pembelajaran, demikian juga ketuntasan hasil belajar klasikal menunjukkan indeks proposi klasikal
(P) klasikal= 0,92 ≥ 0,85 artinya ketuntasan klasikal tercapai, sehingga dengan hasil ini dapat
meningkatkan keterampilan hidup (life skills) peserta didik dengan baik, seperti: a) meningkatkan
minat dan motivasi belajar, b) meningkatkan kecakapan kolaboratif, c) meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah, d) meningkatkan keterampilan mengelola sumber informasi, e) meningkatkan
kreativitas peserta didik, f) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan g) pada saat peserta didik
belajar dan bekerja secara berkelompok, mereka menemukan dan mendapatkan keterampilan untuk
merencanakan, mengorganisasi, bernegosiasi, dan membuat kesepakatan terkait tema tugas yang
dikerjakan, pihak yang bertanggungjawab pada tugas yang diberikan, dan bagaimana informasi
terkumpul dan disediakan. Kelemahan dari pembelajaran ini adalah a) terkadang peserta didik
mengalami kesulitan dalam memperoleh fasilitas sumber belajar, b) membutuhkan kesesuaian tema
yang dipilih oleh peserta didik, c) membutuhkan perencanaan waktu yang tepat, dan d) membutuhkan
frekuensi koordinasi yang lebih banyak antara peserta didik dan guru.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Hidup (Life Skills),
Karya Ilmiah Remaja (KIR).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.