Digital Storytelling of Physics (Dis-Phy) Berbasis STEM Dilengkapi dengan Soal Metakognitif untuk Siswa SMA pada Materi Fluida

Nur Sabrina Eprillia, I Made Astra, Lari Andres Sanjaya

Abstract


Media teknologi, informasi dan komunikasi merupakan salah satu pendukung pelaksanaan
pembelajaran. Pada era disrupsi, media pembelajaran harus dapat digunakan dimanapun dan
kapanpun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Digital
Storytelling Of Physics (Dis-Phy) berbasis STEM dengan bantuan Microsoft Sway yang dilengkapi
dengan soal metakognitif untuk siswa SMA pada pembelajaran fisika tentang fluida. Penelitian ini
dilakukan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan
ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil penelitian ini berupa
media pembelajaran DIS-Phy yang dapat digunakan melalui berbagai perangkat elektronik serta dapat
membantu siswa memahami mata pelajaran fisika pada materi fluida. Diharapkan bahwa Dis-phy bisa
menjadi alat yang ampuh dan efektif untuk memungkinkan siswa dalam memahami pelajaran fisika ke
dalam proses STEM dan metakognitif. Selain itu, implikasi penggunaan Dis-Phy untuk pengajaran fisika
dan rekomendasi untuk studi lebih lanjut juga dibahas dalam penelitian ini.
Kata kunci : Digital Storytelling, Metakognitif, STEM.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.