PENTINGNYA PERAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN ANAK SELAMA BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19

Anjar Tika Rahayu, Betty Yulia Wulansari

Abstract


Pandemi covid-19 telah mempengaruhi proses pendidikan di Indonesia sejak maret tengah tahun
2020. Sekolah dengan edaran baru pemberlakuan pembelajaran dari rumah. Adanya pandemi
tersebut mengharuskan orang tua untuk terlibat secara maksimal. Pembelajaran daring pada masa
pandemi sangat baik, karena untuk mengurangi angka kenaikan covid-19. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui  peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran dari rumah. Metode
yang digunakan yaitu metode kualitatif deskripsi pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari
menganalisis hasil rapot anak di TK DHARMA WANITA 01 POMAHAN. Sejak terjadinya
pandemic pendidikan anak di berlakukan jarak jauh. Orang tua sebagai pendidikan pertama bagi
anak dan utama dalam membentuk karakter, nilai agama, dan budi pekerti. Pendampingan orang
tua ketika belajar dapat membangun kedekatan antar keduanya. Peran penting pendampingan anak
belajar yaitu dimana anak merasa tidak sendiri,orang tua dapat membantu memberi semangat,
memberikan fasilitas kebutuhan anak, tempat untuk berdiskusi dan bertanya, membantu mencari
jati diri, dan menciptakan lingkungan yang kondusif.
Kata Kunci : Peran orang tua, Keberhasilan anak belajar dari rumah, Pandemi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.