INTERACTIVE FLIP BOOK: MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI SPATIAL SENSE ANAK USIA DINI

- Mirawati, Endah Silawati

Abstract


Spatial sense merupakan salah satu aspek kemampuan matematis yang harus distimulasi pada anak usia
dini. Penelitian terdahulu menunjukkan kekeliruan pengembangan aspek kemampuan matematis pada
anak usia dini dengan penugasan akademik melalui paper pencil test. Salah satu kegiatan yang
direkomendasikan adalah melalui matematika kreatif dengan berbagai media yang menarik untuk anak.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media matematika kreatif berbasis media digital flip book
untuk stimulasi kemampuan spatial sense pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu
Educational Design Research (EDR) dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran interactive
flip book. Penelitian ini melibatkan 5 orang guru PAUD di Cileunyi sebagai partisipan dalam proses
identifikasi awal dan uji coba produk. Berdasarkan hasil wawancara, identifikasi awal pengembangan
spatial sense pada anak belum optimal. Sebagian besar pembelajaran matematika pada anak cenderung
menekankan pada aktivitas pengenalan bilangan dan operasi. Adapun uji coba media secara terbatas
dalam penelitian ini menunjukkan hasil positif. Anak mampu menunjukkan kemampuan spatial sense
selama proses pembelajaran dengan menggunakan media interactif flip book. Penelitian ini menunjukkan
bahwa interactive flip book dapat dijadikan sebagai salah satu media stimulasi spatial sense bagi anak usia
dini.  
Kata Kunci: spasial, interaktif, flip book, anak, matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.