ANALISIS TUTORIAL WEB (TUWEB) PADA MATA KULIAH MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS BERBASIS TASK BASED LANGUAGE TEACHING

Enny Dwi Lestariningsih, Testiana Deni Wijayatiningsih, Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah

Abstract


Proses tutorial atau perkuliahan online menjadi solusi dalam pembelajaran di era pos pandemi
khususnya di Universitas Terbuka pada mata kuliah menulis Penelitian Tindakan Kelas guna
mengurangi penyebaran virus corona. Proses tutorial web dilakukan secara daring dengan
memanfaatkan aplikasi Microsoft teams dan elearning yakni memadukan synchronous dan
asynchronous online selama dua jam dalam satu pertemuan dengan berbasis Task Based language
Teaching. Berdasar paparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
pembelajaran tutorial web yang terjadi selama delapan pertemuan dengan menerapkan proses
pembelajaran berbasis tugas. Adapun subjek penelitian ini adalah semester 3 kelas BI yang berjumlah
23 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrument observasi
dan field notes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran tutorial web ini memiliki
ciri khas yang tertata rapi sesuai dengan prosedur task based language teaching yakni pre task, main
task dan post task sehingga memberikan stimulus yang menarik kepada mahasiswa dalam
pembelajaran online dalam menulis laporan Penelitian Tindakan Kelas yang berkarakter dan ilmiah.

Kata Kunci : Tutorial Web, Menulis, Penelitian Tindakan Kelas, Task Based Language Teaching

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.