Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Sosial Media Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Ponorogo

Diyah Ayu Ningtiyas, Betty Yulia Wulansari

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting bagi perkembangan anak. Pengembangan
kemampuan belajar, sosial, pemantauan kesehatan, dan pengembangan karakter. Semua aspek
pertumbuhan tersebut bisa dipantau dan berkembang melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Kokoh atau
rapuhnya perkembangan otak anak sangat bergantung kepada semua hal yang dialaminya di usia dini.
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan penutupan
lembaga Pendidikan termasuk PAUD. Proses pembelajaran PAUD kemungkinan akan tetap tanpa
proses belajar tatap muka antara guru dengan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring yang dilakukan oleh pendidik PAUD di tengah
pandemi covid 19 di Kota Ponorogo. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey
deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah pendidik PAUD di Kota Ponorogo. Peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Efektivitas pembelajaran
daring pada lembaga PAUD di tengah pandemi covid 19 belum berjalan efektif. Dari hasil temuan
penelitian bahwa masih ada pendidik PAUD yang tidak menjalankan pembelajaran di tengah pandemi
covid 19. Masih banyak pendidik PAUD yang belum mahir menggunakan aplikasi pembelajaran
daring. Metode pembelajaran yang digunakan masih dominan pemberian tugas kepada peserta didik.
Banyak pendidik PAUD yang tidak setuju dengan pembelajaran daring karena tidak efektif dan tidak
semua orang tua yang memiliki Laptop atau HP untuk pembelajaran daring.
Kata Kunci : efektivitas; pembelajaran daring; pendidik paud.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.