Faktor-Faktor Pembentuk Minat Masyarakat Terhadap Wisata Budaya Keraton
Abstract
Ripparda Kota Cirebon tahun 2019-2025 menetapkan Kawasan Pusaka Keraton-Keraton Cirebon
menjadi kawasan pusaka kota dan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pengembangan Pariwisata
sejarah dan keraton di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor
yang
mempengaruhi
minat
masyarakat
dalam
mengunjungi
wisata
budaya
keraton
di
Cirebon.
Dalam
penelitian
ini,
pendekatan
penelitian
menggunakan
statistik
kuantitatif
dengan
analisis
faktor
dan
pengolahan data memakai principle component analysis (PCA). Hasil analisis menunjukkan
terdapat 3 faktor yang memengaruhi minat masyarakat terhadap wisata budaya keraton, yaitu faktor
pertama berupa nilai budaya, faktor kedua berupa kesenian, dan faktor ketiga berupa kuliner. Ketiga
faktor tersebut dapat digunakan pemerintah daerah dan pengelola keraton sebagai acuan untuk
meningkatkan minat masyarakat terhadap Keraton di Cirebon.
Kata Kunci : Wisata Budaya, Minat, Keraton Cirebon.
menjadi kawasan pusaka kota dan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pengembangan Pariwisata
sejarah dan keraton di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor
yang
mempengaruhi
minat
masyarakat
dalam
mengunjungi
wisata
budaya
keraton
di
Cirebon.
Dalam
penelitian
ini,
pendekatan
penelitian
menggunakan
statistik
kuantitatif
dengan
analisis
faktor
dan
pengolahan data memakai principle component analysis (PCA). Hasil analisis menunjukkan
terdapat 3 faktor yang memengaruhi minat masyarakat terhadap wisata budaya keraton, yaitu faktor
pertama berupa nilai budaya, faktor kedua berupa kesenian, dan faktor ketiga berupa kuliner. Ketiga
faktor tersebut dapat digunakan pemerintah daerah dan pengelola keraton sebagai acuan untuk
meningkatkan minat masyarakat terhadap Keraton di Cirebon.
Kata Kunci : Wisata Budaya, Minat, Keraton Cirebon.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.