Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya pada Minat Beli Ulang Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap
kesadaran merek pada konsumen baik secara parsial maupun simultan serta dampaknya kesadaran merek
terhadap minat beli ulang konsumen Teh Botol Sosro di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang,
sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 (seratus) mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas
Muhammadiyah Tangerang yang pernah melakukan pembelian terhadap minuman Teh Botol Sosro. Teknik
pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan
reliabilitas, teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, serta uji hipotesis
pada α = 0,05. Hasil penelitian mengemukakan bahwa: (1) desain kemasan produk berpengaruh terhadap
kesadaran merek dengan sig 0,000 (2) daya tarik iklan mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kesadaran merek dengan nilai sig 0,000 (3) desain kemasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli ulang konsumen dengan nilai sig 0,000 (4). daya tarik iklan tidak berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli ulang konsumen dengan nilai sig 0,141 (5) desain kemasan produk dan daya tarik iklan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek dengan nilai sig 0,000 (6) desain kemasan produk
dan daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen dengan nilai sig
0,000 (7) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen dengan nilai
sig 0,000.
Keywords
desain kemasan produk, daya tarik iklan, kesadaran merek, minat beli ulang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.