SISA MAKANAN INDIKATOR TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN MAKAN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH KAUMAN PEMALANG

Mega Velawati, Hapsari Sulistya Kusuma, Addina Rizky Fitriyanti, - Hagnyonowati

Abstract


Tingkat kepuasan merupakan tujuan yang ingin dicapai pada setiap penyelenggaraan makanan. Sisa
makanan digunakan untuk mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan makanan. Penelitian bertujuan
mengetahui hubungan tingkat kepuasan pelayanan makan dengan sisa makanan pada santri putri di
Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang. Jenis penelitian cross sectional. Populasi penelitian
adalah semua santri putri yang berjumlah 115 orang, dengan sampel 45 santri putri menggunakan
teknik purposive sampling. Data tingkat kepuasan diperoleh melalui wawancara menggunakan
kuesioner sedangkan sisa makanan diukur dengan timbangan digital dan formulir sisa makanan. Hasil
penelitian sebagian besar responden menyatakan puas (64,4%) dengan pelayanan makan  yang
disajikan. Rata-rata sisa makanan pokok 17,78%, lauk nabati 14,31% dan sayur 9,27%.  Hasil uji
Rank Spearman menunjukkan bahwa ada hubungan tingkat kepuasan dengan sisa makanan pokok,
lauk nabati dan sayur (p < 0,05). Kesimpulan penelitian terdapat hubungan tingkat kepuasan
pelayanan makan dengan sisa makanan pokok, lauk nabati dan sayur pada santri putri di Pondok
Pesatren Salafiyah Kauman Pemalang.
Kata kunci: tingkat kepuasan, sisa makanan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.