Gambaran Perkembangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK RA Hidayatul Qur’an

Puput Risti Kusumaningrum, Fitriana Noor Khayati, Andria Ragil Wicaksana

Abstract


Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua peristiwa yang berbeda tetapi tidak bisa
dipisahkan. Proses deteksi dan stimulasi tumbuh kembang menjadi hal yang tidak boleh dianggap
remeh demi terciptanya generasi penerus yang berkualitas yang mampu tumbuh dan berkembang
baik secara fisik, emosional, maupun sosial. Stimulasi yang kurang optimal dapat menyebabkan
penyimpangan tumbuh kembang bahkan dapat menyebabkan gangguan yang menetap. Tujuan
penelitian ini mengetahui gambaran perkembangan pada anak pra sekolah di TK RA Hidayatul
Qur'an. Desain penelitian deskriptif dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling.
Jumlah sampel sebanyak 65.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner demografi dan
KPSP. Hasil penelitian mengenai gambaran perkembangan anak pra sekolah di RA Hidayatul
Qur'an didapatkan bahwa dari 65 responden mengalami perkembangan sesuai sebanyak 56 (86,2%)
responden,  mengalami perkembangan meragukan sebanyak 9 (13,8%).Kesimpulan penelitian ini
adalah dari 65 responden yang diambil mengalami perkembangan sesuai sebanyak 56 (86,2%).
Kata Kunci : Perkembangan, Anak, Usia Prasekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.