Hubungan Lama Penggunaan Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja

Sri Sat Titi Hamranani, Puput Risti Kusumaningrum, Devi Permatasari, Eka Agus Setyawan

Abstract



Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami perubahan di dalam
diri. Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh dari
luar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan sekitar seperti bermain game
online. Remaja yang memiliki intensitas tinggi dalam bermain game online, memungkinkan
memicu timbulnya motivasi belajar yang menurun. Motivasi belajar yang menurun pada remaja
SMP disebabkan oleh beberapa hal yaitu masalah di sekolah dan hubungan dengan orang tua
maupun teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaan
game online terhadap motivasi belajar pada remaja di SMP Negeri 1 Karangnongko. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian korelasional dengan
pendekatan Cross Sectional. Responden penelitian terdiri dari 130 siswa SMP N 1 Karangnongko,
yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang di
gunakan adalah dengan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah kendall tau. Hasil
Penelitian menunjukkan ada hubungan lama penggunaan game online dengan motivasi belajar
pada remaja di SMP N 1 Karangnongko. Hasil analisis dengan uji kendall tau didapatkan p value =
0,000 berarti p value< 0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r = -743**menunjukkan korelasi
negatif yang kuat, berarti semakin tinggi penggunaan game online maka semakin menurun motivasi
belajar pada remaja. Ada hubungan lama penggunaan game online terhadap motivasi belajar pada
remaja di SMP N 1 Karangnongko.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lama Pengguanaan Game Online, Remaja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.