Analisis Faktor Kesukaran Belajar Siswa Kelas X IPS 3 pada Pelajaran Bahasa Inggris Materi Obligation
Abstract
Dalam praktek bahasa Inggris banyak peserta didik yang masih menghadapi banyak masalah saat proses pembelajaran. Berbagai respon dapat ditemui di kelas X IPS 3 terkait masalah tersebut salah satunya adalah sulit berkonsentrasi saat belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesukaran belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian dilakukan di SMA N 15 Semarang dengan melibatkan 36 siswa sebagai subjek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen angket, observasi, dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris yang beragam, seperti kurang dukungan dari lingkungan, tidak memiliki banyak waktu untuk berlatih, malas untuk belajar bahasa Inggris, dan suasana kelas yang tidak mendukung. Sehubungan dengan temuan tersebut, disarankan
agar guru memberikan motivasi tinggi untuk proses belajar bahasa Inggris siswa mereka.
Kata kunci: Kesulitan belajar, bahasa Inggris, materi obligation
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris yang beragam, seperti kurang dukungan dari lingkungan, tidak memiliki banyak waktu untuk berlatih, malas untuk belajar bahasa Inggris, dan suasana kelas yang tidak mendukung. Sehubungan dengan temuan tersebut, disarankan
agar guru memberikan motivasi tinggi untuk proses belajar bahasa Inggris siswa mereka.
Kata kunci: Kesulitan belajar, bahasa Inggris, materi obligation
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.